Ketika Macbook anda tidak dapat dihidupkan, langkah apa yang harus dilakukan ?

Hal yang paling cukup menjengkelkan, adalah ketika kita sedang di kejar dead line atau sedang mengerjakan tugas dengan tiba tiba macbook kita mati hmmm….. Tidak perlu khawatir kami ada untuk itu.

Customer kami banyak menceritakan kronologi yang mereka alami sebelum unit macbook mereka mati total. Diantaranya ada yang karena tersiram cairan ketika sedang di pergunakan, ada juga yang sedang di pergunakan tiba tiba mati total, bahkan karena terlalu lama tidak dipergunakan tiba tiba tidak bisa dihidupkan kembali, dan bahkan baru dipakai beberapa bulan saja sudah mati total. Untuk pembahasan kali ini. Saya akan coba menjelaskan langkah apa yang perlu kita lakukan apabila mengalami kondisi tersebut. Yuk kita simak Gaess…….

Langkah pertama kita cek di bagian display

Jika Macbook Anda tidak dapat menyala, ada kemungkinan komputernya menyala namun layarnya tidak. Untuk mengetahui apakah masalah ada pada layar / display. Tekan tomobol power untuk menyalakan macbooknya Lalu periksa tanda-tanda berikut bahwa Macbook Anda menyala, meskipun layarnya masih gelap:

  1. Pastikan Anda dapat mendengar suara memulai / chaime.
  2. Anda dapat mendengar suara kipas atau drive.
  3. Jika Mac Anda dilengkapi dengan indikator tidur (sleep) LED, indikatornya dapat menyala.
  4. Apabila notebook Mac Anda dilengkapi dengan papan ketik bercahaya latar, maka akan menyala.
  5. Ketika Anda menekan tombol Caps Lock, lampu tombol menyala.
  6. Pastikan juga adakah bunyi beep yang terdengar.

Memeriksa masalah daya

Setelah langkah pertama sudah dilakukan namun tanda tanda kehidupan masih blm dirasakan, kita masuk ke langkah berikutnya untuk pengecekan daya diataranya :

  1. Pastikan kabel daya dan adaptor telah tersambung dengan aman dan baik ke Macbook Anda dan dicolokkan ke stopkontak. Colokkan lampu atau perangkat lain untuk memastikan stopkontak berfungsi.
  2. Coba kabel daya atau adaptor lainnya jika stopkontak berfungsi tapi Macbook Anda tetap tidak menyala.
  3. Pastikan bahwa Anda menggunakan adaptor magsafe daya dan kabel yang benar. Biarkan adaptor magsafe daya terhubung dalam waktu yang cukup lama agar baterai terisi cukup daya.
  4. Dan tak kalah pentingnya periksa juga pada bagian bawah cover casing (battery) ada terjadi pembengkakan apa tidak yang di sebabkan karena battery nya melembung. Ini juga salah satu factor bahwa kondisi battery sudah tidak bekerja dengan baik yang mengakibatkan unit tidak bisa dihidupkan.

Memeriksa masalah lainnya.

Coba langkah berikut ini jika masalah layar dan daya telah teratasi:

  1. Lepas sambungan semua aksesori yang tersambung ke Mac. Peralatan tersebut termasuk printer, hub USB, dan perangkat seluler.
  2. Tekan terus tombol dayaselama 10 detik. Setelah itu, tekan kembali tombol daya untuk mengetahui jika Mac hidup.
  3. Atur ulang Pengontrol Manajemen Sistem (SMC).
  4. Jika Anda baru saja memasang memori atau drive di Macbook, pastikan memori tersebut kompatibel dan terpasang dengan benar. Jika memungkinkan, pasang kembali memori atau drive asli untuk mengetahui penyebab masalah.

Jika Mac Anda tetap tidak dapat hidup setelah melakukan langkah tersebut di atas, segera hubungi kami di www.clinicapple.com dengan senang hati kami bisa membantu dan kami bisa atasi untuk permasalahan anda tersebut. Sekian tips dari kami semoga artikel ini bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu