Baterai merupakan komponen yang sangat penting pada perangkat iphone Anda. Baterai iphone menggunakan teknologi litium ion. Berbeda dengan teknologi baterai sebelumnya. Secara fungsi, baterai iPhone sebagai sumber energi untuk menghidupkan dan menjalankan sejumlah aplikasi yang ada di iPhone tersebut. Keunggulan baterai dengan menggunakan teknologi litium ion ini cepat dalam pengisian. Bertahan lebih lama, dan memiliki kerapatan daya lebih tinggi dalam kemasan yang lebih ringan. Hingga saat ini memberikan teknologi terbaik untuk iphone Anda. Namun banyak sekali terjadi kasus kerusakan pada baterai iphone, ipad, iwatch dikarenakan banyak hal yang selanjutnya akan saya bahas pada artikel kali ini. Semua baterai isi ulang memiliki usia pemakaian yang terbatas, sehingga menyebabkan kapasitas dan kinerja baterai akan menurun bahkan rusak. Sehingga perlu di service atau diganti.

Sebelum kita bahas mengenai cara mengatasinya seperti apa, terlebih dahulu kita harus kenali ciri ciri baterai yang rusak, cekidot…

Baterai Gembung

iphone

Untuk kondisi seperti ini, cukup fatal karena bisa merusak ke bagian lainnya khususnya bagian pada lcd yang terangkat yang berakibat fungsi dari lcd menjadi terganggu bahkan bisa mengakibatkan pecah. Dan yang paling sangat ditakuti, bisa terjadi ledakan dikarenakan terjadi kebocoran akibat tekanan yang bisa berobek lapisan baterai tersebut. Untuk pergantian baterai berkualitas original masa garansi 3 bulan dengan harga terjangkau Anda bisa hubungi tempat service terbaik hanya di clinic apple. Estimasi pengerjaan pergantian baterai lebih kurang 30 menit dan bisa dilakukan di tempat Anda (bisa dipanggil).

Baterai Tidak Bisa di Charge

iphone tidak bisa charge

Baterai yang tidak bisa di charge (tidak bisa mengisi) kemungkinan besar menandakan baterai tersebut bocor. Bisa jadi diakibatkan karena kondisi baterai sangat kosong (terlalu lama dalam keadaan mati atau tidak dihidupkan) Kamu harus mengeceknya lebih lanjut, karena bisa juga charge yang kamu miliki rusak. Ada baiknya, kamu mencoba mengganti charge terlebih dahulu.

Presentase Baterai Tidak Normal

baterai drop

Baterai yang mudah habis dapat dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya karena baterai yang kamu miliki sudah bocor dan harus segera diganti. Kamu bisa mengecek indikator baterai dengan melihat persentase baterai naik turun secara wajar atau tidak.

pengaturan baterai iphone

Contohnya, ketika di setelah melakukan pengisian dalam kurun waktu kisaran 1sampai 5 menit biasanya persentase baterai akan berubah drastis dengan seketika. Kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan kalibrasi baterai iPhone. Sayangnya, Kalibrasi hanya bisa meningkatkan akurasi pembacaan baterai bukan untuk memperbaiki baterai.

iPhone Sering Mati Sendiri

iphone mati total

Iphone Anda sering mati sendiri padahal kapasitas baterai masih banyak atau bahkan masih penuh, sangat mungkin hal tersebut menjadi tanda baterai iPhone sudah bocor dan harus segera dilakukan pergantian. Jika tidak diganti, akan menyebabkan kerusakan komponen iPhone lainnya.

iPhone Sering Restart

iphone restart

jika iPhone kamu sering mengalami restart yang cukup sering bahkan ketika iPhone sedang kamu gunakan, bisa jadi hal tersebut menjadi tanda baterai iPhone kamu dalam kondisi sudah tidak stabil yang mengakibatkan tegangan pada baterai tidak stabil. Untuk kondisi seperti ini disarankan untuk segera mengganti baterai, karena sangat memungkinkan mengganggu akan kinerja yang lain yang mengakibatkan kerusakan pada komponen lain.

Setelah mengetahui ciri kerusakan baterai yang kita jelaskan di atas, Sekarang saatnya kamu tahu cara mengantisipasi dan solusi yang harus dilakukan.

Hindari Pengosongan Baterai Terlalu Lama

Salah satu penyebab Baterai iPhone cepat rusak, itu dikarenakan iPhone terlalu lama dalam kondisi mati / off dalam keadaan baterai kosong. Akibat yang akan timbul dengan kondisi tersebut, biasanya ketika iPhone kita mau nyalakan kembali cukup sulit bahkan harus kita charge cukup lama. Banyak terjadi pada kondisi seperti ini yang beranggapan bahwa unit iPhone nya mati total, padahal hanya memerlukan kesabaran untuk menunggu daya pada baterai terisi kembali. Kondisi yang paling mengerikan, apabila kondisi seperti ini di diamkan terlalu lama sampai berminggu minggu atau bahkan berbulan bulan, bisa menyebabkan baterai gembung bahkan sampai kondisi pada lcd terangkat. Untuk kondisi seperti ini sesegera mungkin harus diganti.

Reset iPhone

Dengan cara me-reset iPhone anda maka iPhone anda akan disetting kembali ke settingan awal pabrik. Reset iPhone ini juga memiliki 2 tipe, yaitu soft reset dan hard reset. Kedua cara ini cukup mudah karena anda hanya membutuhkan waktu yang tidak lama. Dengan melakukan reset iOS, maka iPhone akan kembali seperti baru.

Menutup Aplikasi

Jika setelah melakukan reset iPhone dan tidak berhasil, kamu bisa mencoba menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan. Tindakan ini sangatlah mudah namun cukup efektif untuk menghemat baterai. Oleh sebab itu, sebaiknya tutup aplikasi bila sudah tidak dipergunakan lagi. Contoh yang paling significant pada aplikasi Location Service di rubah dalam posisi OFF.

pengaturan location service

Kalibrasi iPhone

Dengan melakukan kalibrasi baterai, maka baterai iPhone akan di booting ulang dan direfresh supaya kinerjanya menjadi lebih baik. Bagaimana caranya kalibrasi baterai ? yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Pertama-tama, kosongkan terlebih dahulu baterai iPhone anda sampai benar-benar kosong dan habis sampai tidak bisa menyala apabila anda berusaha untuk menyalakannya.
  • Biarkan selama beberapa jam, bila anda mencoba untuk menyalakannya akan muncul gambar baterai bewarna merah dan tetap mati.
  • Sebagai langkah awal untuk charging, hal yang harus diperhatikan adalah colokan adapter tersebut ke stopkontak terlebih dahulu baru kemudian baterai ke charger portable. Hal ini menjadi hal yang wajib, karena apabila terbalik akan menghasilkan tegangan listrik dalam charge baterai iPhone anda, yang berakibat dapat merusak baterai iPhone anda.
  • Selanjutnya anda hanya perlu menunggu sampai baterai iPhone anda terisi dengan penuh, dan benar-benar penuh. Jangan sampai pada saat mengisi baterai iPhone anda terdapat gangguan terputusnya pada saat pengisian, karena hal tersebut menjadikan percuma.
  • Setelah terisi dengan penuh, hal pertama yang harus dilakukan adalah copot baterai iPhone anda, terlebih dahulu pada charger portable anda, baru anda copot adaptor charger tersebut.
  • Lalu gunakan kembali iPhone anda sampai baterai kembali kosong, sampai tidak bisa menyala seperti yang dilakukan diatas.

Jika solusi diatas tidak bisa mengembalikan baterai iPhone, kamu bisa mencari penyedia jasa service iPhone yang terpercaya hanya di clinic apple . Yang merupakan salah satu penyedia jasa perbaikan semua produk apple terbaik dan terpercaya.

Clinic Apple dapat menangani berbagai kerusakan. Kamu bisa segera hubungi di 021-54318383 atau di 082112961101. Tim  kami segera datang dan memperbaiki unit Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu